SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Jumat, 03 Juli 2015

KINCIR AIR TAMBAK OLIMPIA

Kincir air adalah salah satu peralatan pada budidaya ikan atau udang di tambak dan kolam yang berfungsi untuk menggerakkan air. Keberadaan kincir air didalam tambak ataupun kolam diharapkan dapat membantu dan mengantisipasi terjadinya kekurangan oksigen serta mengantisipasi terjadinya perbedaan yang cukup menyolok antar lapisan air tambak.

Selain itu kincir air tambak ini digunakan untuk menambah kadar DO. dengan kincir air tambak, menstabilkan proses biologi sekitar, mengurangi pertumbuhan algae, dan dapat membantu penyebaran obat apabila sedang ada perawatan kimia.

Kincir air tambak ini merupakan kincir yang biasanya juga digunakan di tambak udang atau ikan maupun kolam untuk menghasilkan arus dan gelombang udara yang stabil di dalam air.

Disini saya akan membahas tentang kincir air tambak merk olimpia yang dijamin berkualitas dari merk lainnya.


Spesifikasi dari Kincir Air Tambak Olimpia ini yaitu :
Standar ISO 9001

• 1 HP, 750 Watt
• Impeller: 2 Unit Stainless steel sleeve
• Gearbox: Bevel gear
• Ponton / Float Boat: HDPE
• Shaft Stainless Steel: 25Ø×700 (AISI 304 solid stainless Steel)

Adapun fungsi dari bagian dari kincir tersebut yaitu :

a. Turbin (kincir)
Berfungsi untuk mengubah  aliran air menjadi energi mekanik. Air yang jatuh akan mendorong baling-baling sehingga menyebabkan turbin berputar. Perputaran turbin ini dihubungkan ke generator.

b. Generator  listrik
Berfungsi untuk merubah energi mekanik menjadi energi listrik.

c. Gear Box
Berfungsi untuk menambah kecepatan putaran dari kincir ke generator.

Secara umum fungsi dari kincir air di dalam operasional tambak udang antara lain sebagai berikut:
1. Sebagai penyuplai oksigen di dalam perairan tambak. Di dalam suatu ekosistem perairan tambak kebutuhan oksigen telah disuplai oleh phytoplankton, tapi kebutuhan oksigen tersebut tidak akan mencukupi bagi biota dan proses-proses yang terjadi di dalamnya. Oksigen di dalam perairan tambak diperlukan tidak hanya dalam proses respirasi (pernapasan) tapi juga dibutuhkan dalam proses-proses fisika, kimia dan biologi yang terjadi di dalam perairan tersebut.

2. Dengan adanya kincir air didalam tambak diharapkan dapat membantu dan mengantisipasi terjadinya kekurangan oksigen yang dapat terjadi pada saat tertentu di dalam perairan tersebut.

3. Membantu dalam proses pencampuran karakteristik antara perairan tambak lapisan atas, dan bawah. Sebagai suatu perairan yang statis dan memiliki ketinggian tertentu, maka suatu perairan tambak jika dalam kondisi diam akan memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara lapisan atas dan lapisan bawah. Perbedaan karakteristik perairan tersebut, jika tidak segera diantisipasi dapat membahayakan kehidupan ikan atau udang yang ada didalamnya.

4. Pengoperasian kincir diharapkan dapat membantu mengantisipasi terjadinya perbedaan yang cukup menyolok antar lapisan air tambak, sehingga kualitas air yang dihasilkan relative sama antar lapisan air tambak.

5. Membantu dalam proses pemupukan air. Kegiatan pemupukan air dilakukan sebagai upaya pembentukan kualitas air yang terkait dengan kecerahan air dan warna air tambak dengan cara menstimulasi pertumbuhan phytoplankton kearah yang lebih stabil.

6. Pengoperasian kincir air ini diharapkan dapat membantu proses penyebaran pupuk secara merata di dalam perairan tambak sekaligus menstimulasi pertumbuhan plankton melalui oksigen yang dihasilkannya.

7. Membantu dalam mengarahkan kotoran dasar tambak ke arah sentral pembuangan, sehingga memudahkan dalam proses pembersihan dasar tambak. Fungsi kincir air terkait hal ini sangat erat hubungannya dengan tata letak kincir di dalam tambak.

8. Pada saat pengoperasian kincir air, putaran-putaran air yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai salah satu indikator tingkat kestabilan kualitas air di dalam tambak.

A. Cara Pengoperasian Kincir Air Tambak Olimpia ini adalah sebagai berikut

1. DO rendah pada pukul 23.00 – 06.00 wib
2. Terjadi stratifikasi parameter kualitas air :
a. Stratifikasi suhu : suhu dingin atau panas diluar toleransi
b. Stratifikasi salinitas : aliran air masuk, presifitasi (pengenceran) akibat hujan, evaporasi (penguapan)
c. Stratifikasi pH : dipengaruhi CO2 : O2 >< CO2
d. Stratifikasi O2 : konsumsi O2 oleh organisme dan perombakan.

B. Mengapa harus menggunakan kincir air tambak olimpia ini?
1. Perubahan lingkungan karena keberadaan kualitas air dan parameter kualitas air. Kincir berperan mengembalikan kualitas air ada keadaan semula (optimum values).

2. Adanya pelapisan (stratifikasi) kualitas air dalam tambak. Stratifikasi adalah pelapisan satu atau beberapa kualitas air yang menyebabkan kualitas air dan tanah tersebut tidak merata dalam tambak. Seperti: O2, salinitas, suhu dan pH. Jika terjadi dapat mengganggu (berbahaya) bagi kelangsungan hidup organisme.

3. Pemasukan O2 dari udara bebas (difusi O2). Syarat difusi adalah air harus dalam keadaan tidak jenuh, kejenuhan air sekitar 8-10 mg/L (Bittner, 1989).

4. Kejenuhan oksigen terlarut (DO). Kadar oksigen yang mencapai kejenuhan 250% akan menimbulkan gas emboli pada jaringan daun insang yang menyebabkan stress, mengganggu pernafasan dan mengambang. Menurut Boyd (1982) dan Bittner (1989) menyatakan difusi oksigen ke dalam air terjadi bila air tidak jenuh dan difusi oksigen ke udara bebas terjadi bila oksigen lewat jenuh.

Demikian penjelasan saya tentang kincir air tambak ini, disini saya menyarankan untuk menngunakan kincir air tambak merk olimpia ini, karena kincir air ini sudah standar ISO dimana mutu ataupun kualitas dari kincir tersebut sudah dijamin kelayakannya.

Jadi tunggu apa lagi jika kita seorang pengusaha tambak ataupun yang mempunyai tambak/kolam ikan dan udang silakan pesan sekarang juga. Kincir Air

Sekian dan terimah kasih.

4 komentar:

  1. kincir air ini menggunakan tenaga listrik ya ..

    BalasHapus
  2. Tersedia Aerator Tipe JSW4 untuk aplikasi di air asin dengan salinitas >= 10 ppt.
    Cek aja di https://tokopedia.by/cbelsa/content/91847922

    BalasHapus